Selasa, 08 September 2015

Filosofi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rokan Hulu

FILOSOFI DAN NILAI

1. Hakikat.
Bahwa Pariwisata bertumpu pada keunikan dan kekhasan budaya dan alam, serta hubungan antar manusia.

Bahwa Seni adalah aktivitas yang menyatu dengan batin manusia, wujud sebagai pernyataan dan tanggapan keindahan (estetis).

Bahwa Kebudayaan adalah kebiasaan-kebiasaan terpola suatu komunitas atau masyarakat

dalam memenuhi kebutuhan kehidupan lahir dan batin.

2. Makna
Pariwisata dihadapkan kepada keadaan yang makin menantang sekaligus membawa peluang untuk dapat kita sikapi secara konsepsional. Bahwa Seni adalah hal yang bermanfaat untuk memperluas budi pekerti manusia. Bahwa Budaya adalah hal yang bermanfaat bagi umat manusia bermartabat dan bermarwah, serta berguna bagi diri dan lingkungannya.

3. Hikmah.
Pariwisata dalam pengembangannya dapat memperkukuh jatidiri Bangsa dan lestarinya fungsi lingkungan.Seni dan budaya memberi dampak dan pengaruh yang positif terhadap pembentukan identitas, kecerdasan spritual, moral, intelektual, dan emosional individu maupun masyarakat, serta modal sosial dan insani.

4. Nilai
Bahwa bagi masyarakat Rokan Hulu, Seni dan Budaya adalah sesuatu yang berharga dan penting untuk mendapatkan dan mewujudkannya, mereka rela berkorban.

5. Paradigma Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rokan Hulu
Paradigma Pengembangan
Bahwa berdasarkan filosofi dan nilai di atas, untuk membangun dan mengembangkan Pariwisata, Seni dan Budaya di Rokan Hulu, maka Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Rokan Hulu beserta personalianya membangun dan mengembangkan paradigma :
  1. Berpegang teguh pada nilai pengabdian (bukan penikmatan dan pemerolehan materi semata) dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata, seni dan budaya Rokan Hulu.
  2. Mengembangkan keteladanan budaya yang maju, kreatif, dan inovatif.
  3. Mengamalkan budaya melayani dan meninggalkan budaya yang hanya ingin dilayani.
  4. Perasaan krisis dan kritis terhadap persaingan yang semakin ketat karena globalisasi dan perdagangan bebas.        
sumber : http://disbudpar.rokanhulukab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar